Laman

Senin, 22 September 2014

Kisah Gagal Nokia

Prediksi Soal Kebangkrutan Nokia Jadi Kenyataan

  • Prediksi Soal Kebangkrutan Nokia Jadi Kenyataan
  • Brand Nokia Sirna dari Pasar
Perjalanan Nokia sebagai sebuah bisnis tergolong amat dramatis. Dari vendor ponsel yang merajai dunia dekade 1990-an, siapa sangka kini Nokia sedang memasuki masa genting. Perusahaan produsen ponsel asal Finlandia ini terus kehabisan uang kas, waktu dan pilihan demi bertahan dalam ganasnya persaingan dunia bisnis.

Setahun yang lalu, CEO baru Stephen Elop memutuskan dengan berani demi menaklukkan rintangan di masa lalu.  Elop menyingkirkan sistem operasi Symbian yang sudah begitu lama dibenamkan dalam ponsel-ponsel canggihnya dan beralih fokus pada pengembangan sistem operasi Windows Phone dari Microsoft. Saat itu, apa yang ditempuh Elop terkesan sangat berisiko tetapi berpotensi menghasilkan laba tinggi dan membantu Nokia menadapatkan kembali masa jayanya.

Bila Nokia sudah memilih mengadopsi Android, hal yang terbaik yang bisa ia capai ialah menjadi pabrikan rata-rata yang mengekor kesuksesan yang lain karena komoditasnya yang juga hampir serupa. Di sisi lain, Windows Phone memberikan peluang bagi Nokia untuk mencetak kesuksesan yang sudah dicapainya di masa lalu. Sudah ada sistem operasi yang berkualitas dan menanti perangkat keras yang cantik. Jika Nokia dapat menghasilkan perangkat yang mengagumkan untuk platform Windows Phone, mungkin ia  dapat merengkuh ceruknya sendiri di pasar sebagai produsen yang mampu menawarkan sesuatu yang unik: sebuah rangkaian produk ponsel yang ramah pengguna dan berdaya tarik tinggi pada semua tingkatan harga.

Elop yang berasal dari Microsoft pastinya mengetahui bahwa memilih Windows berarti akan ada pertaruhan, bahkan sebuah pertaruhan yang hampir mustahil dimenangkan. Namun dalam bisnis teknologi, jika Anda tidak mau membidik tujuan yang paling tinggi, apa artinya?

Namun, sayangnya pertaruhan itu meleset. Kini Nokia terpelanting dan mulai tenggelam dalam lautan pertaruhannya sendiri. Jajaran produk ponsel Lumia perusahaan tersebut tak begitu laris manis di pasar. Meski memiliki desain yang menawan, Lumia hanya mencetak angka penjualan 2 juta unit. Tampaknya rekor ini cukup baik bagi Nokia yang sedang berjuang untuk bertahan. Nokia juga menikmati sukses dengan Lumia di pasar AS yang terkenal sukar ditembus. Namun, semua prestasi itu tidak cukup kuat mendorong Nokia lebih dekat dengan posisi saat masa keemasannya.

Sekarang, untuk kedua kalinya di tahun ini, Nokia mengurangi patokan pendapatannya menjadi sekadar "kekuatan dinamis industri yang kompetitif". Ini sama saja mengatakan, "Kami sudah babak belur". 

Nokia mengumumkan pemecatan 10 ribu orang pekerjanya di seluruh dunia, menutup pabriknya dan melakukan divestasi dengan menggarap Vertu, bisnis ponsel dengan segmen eksklusif dan mewah. 

Isu utama yang sedang dihadapi Nokia kini ialah kas. Meskipun sudah secara ekstrim mengurangi pengeluaran di berbagai pos, Nokia masih harus membutuhkan banyak dana untuk melakukannya. Dengan mempertimbangkan semua ini, Nokia diperkirakan akan mengantongi kas bersih senilai 2,7 miliar euro di akhir 2012, menurut analis Morgan Stanley. Semua peringkat utang Nokia sudah dicap sampah. Jika keadaan Nokia terus memburuk, tak mustahil  posisi perusahaan ini akan menjadi lebih rawan dan rapuh. Nokia yang berdiri tahun 1865 bisa jadi gulung tikar.
Pelajaran yang bisa kita petik dari gagalnya Nokia untuk bertahan dalam industri ponsel dunia ialah bahwa saat Anda terlambat masuk dalam sebuah ekosistem, selanjutnya akan lebih sukar untuk memulihkan diri. Terdapat begitu banyak aspek yang harus digabungkan dan dikoordinasikan dalam Nokia. Ini juga membuat banyak pihak menjadi kurang puas dengan Nokia. Ini juga terjadi pada Apple di dekade 1990-an dengan produk Mac-nya saat itu, Apple menghadapi kemerosotan dalam bisnis PC. Hanya dengan merombak aturan main (dengan sama sekali keluar dari bisnis PC), ia kemudian berhasil melakukan loncatan ke posisi puncak.
Namun bisnis ponsel cerdas bahkan lebih dinamis dan ganas. Untuk menang dalam industri ini, diperlukan lebih dari sekadar perangkat keras dan lunak yang mencengangkan pembeli. Tetapi dibutuhkan juga upaya untuk menarik pengembang, yang juga membutuhkan konsumen dan untuk itu juga diperlukan posisi ritel yang kokoh. Ini juga memerlukan keahlian pemasaran yang prima. Singkatnya, persyaratan yang diperlukan untuk menggapai sukses sangatlah banyak terutama jika Anda berada dalam iklim persaingan yang keras dan dinamis yang di dalamnya dipenuhi pesaing yang tak berhenti berinovasi. 


http://www.ciputraentrepreneurship.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar